Profil MTsN 3 Bojonegoro

Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kepohbaru di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bahrul Ulum Kepohbaru

Aula MTsN 3 Bojonegoro
Aula MTsN 3 Bojonegoro

Sebelum lembaga berubah status Negeri yang asalnya bernama Pendidikan Guru Agama  (PGA) 4 Tahun, didirikan pada Tanggal 1 Januari 1975. Pada tanggal 3 April 1978 ada perubahan status PGA 4 Tahun dihapuskan namanya di rubah menjadi Madrasah Tsanawiyah  “ Bahrul Ulum “ Kepohbaru di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bahrul Ulum  Kepohbaru – Bojonegoro – Jawa Timur sampai Tahun 1995/1996 .

Untuk selanjutnya atas dasar  Musyawaroh Pengurus Yayasan Pendididikan  Bahrul Ulum pada Tahun  1994  Pengurus Yayasan Pendidikan Bahrul Ulum mengajak musyawaroh dengan seluruh guru yang ada untuk di usulkan menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri. Akhirnya tahun 1995 telah turun keputusan Menteri Agama Nomor : 515 / A / 1995 tanggal 25 Nopember 1995 tentang penegerian MTs Negeri Kepohbaru. Awal berdirinya MTs Negeri Kepohbaru  walaupun namanya Lembaga Negeri, namun boleh dikatakan bernuansa Swasta  karena tenaga Edukatif terdiri dari 2 orang Guru ber NIP. 15 dan 29 orang Guru Tidak Tetap  ( GTT )  I orang  Kepala Tata Usaha dan 3 orang Tenaga Administrasi  ( PTT ).

Identitas Madrasah

Nama MadrasahMadrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bojonegoro
AlamatJl. Budi Utomo No 190 Kepohbaru
Desa Kepoh
Kecamatan Kepohbaru
Kabupaten Bojonegoro
Provinsi Jawa Timur
Kode Pos 62194
Status AkreditasNegeri (Terakreditasi A)
SK AkreditasiNomor 115/BAP-SM/TU/2019
11 Oktober 2019
NSM121135220004
Tahun Berdiri1975
Nama Kepala MadrasahDrs. H Juki, M.Pd (2014 – Sekarang)

Visi & Misi

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, di era globalisasi yang sangat cepat dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu.

Mts Negeri Kepohbaru memiliki kesan moral di masyarakat yang mencerminkan  profil sekolah yang bisa mencetak sumber daya manusia yang berkualitas  beriman dan bertaqwa, serta langkah-langkah nyata yang diwujudkan dalam Visi, Misi sebagai berikut :

Visi

Terwujudnya insan yang berkualitas di bidang Imtaq dan Iptek Yang berwawasan kebangsaan dan islami

Misi

  • Melaksanakan Pembelajaran secara Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,  menyenangkan dan islami.(PAIKEM) Dengan memanfaatkan IT (Internet)
  • Mengimplementasikan ajaran islam dan perilaku kehidupan sehari – hari (Shalat berjamaah dhuhur, sholat dhuha, dan ubudiyah lainya)
  • Menamkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kebersamaan.
  • Pemberdayaan siswa melalui pembelajaran  kurikuler dan Ekstrakurikuler
  • Menerapkan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dengan pemberdayaan Stoke Holder Madrasah.
  • Melaksanakan pembelajaran Islamic Bourding School (Pesantren Madrasah “ Darul Fikri ”
  • Memberdayakan karakter madrasah ( Musik area, Guru penyambut siswa, Tawadhu’ )
  • Menciptakan kondisi lingkungan sebagai implementasi 10 K
    ( Ketaqwaan, Ketertiban, Keamanan, Kekeluargaan, Keindahan, Kebersihan, Kesehatan, Keterbukaan, Keteladanan dan Kenyamanan )
  • Melaksanakan program kelas unggulan
  • Melestarikan budaya jawa (sabtu berbahasa jawa / kromo inggil)