Program Masa taaruf siswa madrasah (Matsama) MTs Negeri 3 Bojonegoro telah berakhir. Upacara penutupan dilaksanakan di lapangan upacara selepas Subuh. Ditutup langsung oleh kepala Madrasah. Pada Sabtu, 20 Juli 2019.

Kepala Madrasah, H. Juki, dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada peserta. Hasil Matsama harus diterapkan pada kegiatan sehari-hari secara istikamah. Sehingga bisa mewujudkan pembiasaan yang baik pada diri siswa.
“Dengan melaksanakan pembiasaan yang baik, akhirnya menjadi pribadi yang baik dan berakhlakul karimah,” ujarnya.

Sebelum upacara penutupan, sebagai acara puncak, siswa menginap satu malam. Diisi dengan pentas seni pada Jumat malam (19 Juli 2019). Disediakan panggung kecil sebagai tempat siswa baru untuk mengekspresikan diri.

“Tujuannya untuk menggali potensi dan mendeteksi bakat dan minat siswa baru,” ujar Sudarmono, ketua panitia pelaksana.

Seluruh peserta cukup antusias. Perwakilan dari masing-masing kelompok menampilkan kesenian sesuai dengan bakat dan minatnya. Disaksikan guru dan wali murid.

Rangkaian kegiatan Matsama cukup panjang. Ada dua kategori materi pendukung, di dalam dan di luar ruangan.

“Pengenalan lingkungan madrasah, wawasan wiyata mandala dan tata krama siswa. Itu materi yang disampaikan di dalam ruangan,” kata Pembina OSIS, Agus Idham Zumana.

Selain itu, lanjut Pak Anang, sapaan akrabnya, materi di luar ruangan yakni Peraturan baris berbaris (PBB) dibimbing langsung oleh anggota Polsek dan Komaril Kepohbaru dan Outbond.

“Untuk membentuk karakter siswa agar lebih disiplin,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Matsama ini berlangsung selama seminggu, (15-20 Juli 2019). (Slam/Nisfi/Hani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!